Jakarta ; Geografi ; Rahmayani, Ema ; 2023.
Pembelajaran Kreatif dalam Kelas Geografi: Projek Pembuatan Scrapbook untuk Mempelajari Vulkanisme di Sekolah Menengah Atas. Pembelajaran yang inovatif dan menarik dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Di sekolah tingkat SMA, pendekatan pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan projek pembuatan scrapbook dalam mempelajari vulkanisme. Metode ini tidak hanya memperkaya pemahaman siswa tentang bahan ajar, tetapi juga merangsang kreativitas dan keterampilan mereka dalam seni dan kerajinan.
Pada era revolusi industry 4.0 diabad 21 membuat para siswa cenderung menggunakan gawai mereka untuk aktivitas sehari-hari. Banyaknya aktivitas yang dilakukan melalui gawai membuat para siswa cenderung terfokus pada pencarian gaya hidup yang menjadi ketertarikan mereka. Selain gaya hidup penggunaan gawai dominan digunakan untuk bermain game online oleh siswa, hal demikian pada saat ini menjadi salah satu factor utama rendahnya minat baca siswa. Menurut Nyoman (2020 : 11) Minat baca adalah keinginan atau kecenderungan hati yang tinggi (gairah) untuk membaca. Minat baca merupakan kecenderungan jiwa yang mendorong seseorang berbuat sesuatu terhadap membaca. Oleh karena itu sudah pantas kiranya kita sebagai seorang guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan media pembelajaran.
Dalam pembelajaran Geografi yang saya ampu, terdapat materi vulkanisme. Hal ini tentunya saya dituntut untuk menggunakan media pembelajaran supaya pembelajaran vulkanisme ini dapat berlangsung dengan baik, menyenangkan, dan menarik. Vulkanisme adalah gejala alam yang terjadi akibat adanya aktivitas magma. Vulkanisme terjadi karena adanya aktivitas tektonisme yang mengakibatkan retakan-retakan pada permukaan bumi.
Tentunya tidak mudah dalam mengajar siswa untuk dapat memahami materi vulkanisme. Setelah saya amati melalui pembelajaran awal, ternyata minat baca siswa masih rendah. Kendala tersebut diantaranya; siswa bingung dalam membedah materi, siswa belum sepenuhnya paham kebermanfaatan mempelajari vulkanisme dalam kehidupan, dan siswa bingung dalam membedakan tipe gunung beserta letusannya.
Dari sulitan siswa yang saya himpun akhirnya saya sebagai guru Geografi yang dalam hal ini sedang mengajarkan materi vulkanisme mencari solusi untuk memecahkan masalah yang ditemui oleh siswa. Solusi yang saya gunakan untuk memecahkan masalah tersebut, saya menggunakan media scrapbook untuk dapat meningkatkan minat baca siswa dalam materi vulkanisme.
Awalnya saya memberikan menerangkan materi vulkanisme dalam tayangan power point selanjutnya siswa menyimak materi vulkanisme tersebut sebagai bentuk rangsangan awal pengetahuan. Setelah itu saya membagi kelompok kecil untuk mereka berdiskusi menentukan gunung api aktif yang mereka minati untuk dipelajari lebih dalam dan kemudian dibahas tuntas mulai dari sejarah gunung, frekuensi letusan gunung, hingga tipe gunung api tersebut. Setelah mereka berdiskusi mereka mempersiapkan alat dan bahan dasar scrapbook yang akan dibuat sesuai dengan instruksi yang terdapat pada LKPD. Setelah bahan dan alat siap, maka kelompok kecil tersebut memulai untuk membuat scrapbook sesuai dengan materi yang telah mereka tentukan dan bentuk scrapbook yang mereka inginkan sesuai dengan kreatifitas siswa. Setelah dilakukan post test terbukti bahwa dengan kegiatan membuat scrapbook siswa menjadi lebih mandiri dan aktif dalam mencari materi vulkanisme, karena scrapbook membuat para siswa tertarik untuk melengkapi materi sesuai dengan bentuk, warna, dan kreatifitas yang mereka inginkan.
DAFTAR PUSTAKA
Sudiana, Nyoman. 2020. Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan Pocari dan Puding. Journal of Education Action Research Volume 4, Number 1 Tahun 2020, pp. 10-16 ISSN: 2580-4790 E-ISSN: 2549-3272 Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.i d/index.php/JEAR/index.